Lukisan Picasso Ditemukan 9 Tahun Setelah Pencurian

By Nad

nusakini.com - Internasional - Sebuah lukisan karya Pablo Picasso yang dicuri 9 tahun lalu dalam kasus pencurian di galeri Yunani berhasil ditemukan.

Pada hari Senin (28/6), seorang polisi di kota Athena mengatakan bahwa lukisan "Woman's Head" karya Picasso telah ditemukan bersama lukisan kincir angin oleh Piet Mondrian yang diciptakan pada tahun 1905.

Kedua lukisan, dengan satu lukisan lagi, diambil pada kasus pencurian yang direncanakan di Galeri Nasional Athena pada tahun 2012. Karya-karya seni ini diambil dari bingkainya ketika pelaku melaksanakan pencurian di pagi hari. Aksi mereka hanya memakan waktu dalam hitungan menit.

Seorang pria Yunani telah ditahan setelah lukisan ditemukan tersembunyi di sekitar pinggiran kota.

Lukisan wanita Picasso diberikan olehnya secara langsung kepada galeri nasional pada tahun 1949. Lukisan ini diciptakan 10 tahun sebelumnya dan dihadiahkan sebagai pengakuan mengenai pertahanan Yunani terhadap Nazi Jerman.

Lukisan ketiga, karya Mondrian, tertinggal di TKP ketika para pencuri tidak sengaja menjatuhkannya saat mereka berusaha kabur dari tempat kejadian.

Konferensi Pers akan diadakan pada hari Selasa (29/6) untuk mengumumkan perolehan kembali karya-karya seni yang dicuri. (dd)